Selamat hari Raya Nyepi ( Tahun Baru Caka 1939 )


Om Swastyastu,

Tak terasa satu tahun sudah berlalu. Begitupun juga dengan tahun baru umat Hindu Bali Caka yang akan memasuki tahun baru 1939. Tepat pada tanggal 1 Caka umat Hindu Bali akan melaksanakan ‘Nyepi‘ Pada hari Nyepi umat Hindu melaksanakan Catur Berata penyeian yaitu yang disebut dengan Amati Gni atau tidak menyalakan api ataupun lampu, mati karya atau tidak bekerja dan tidak melakukan aktifitas apapun, Amati lelungaan atau tidak bepergian kemanapun, Amati lelanguan atau tidak bersenang senang ataupun makan dan minum atau berpuasa dan melakukan semedi penyucian diri selama 24 jam dari pukul 6.00 pagi hingga pukul 6.00 keesokan paginya.

Kini setelah setahun berjalan, kembali memasuki tahun baru Caka 1939 dimana seluruh umat Hindu akan memperingati hari raya nyepi secara menyeluruh. Nyepi adalah peringatan tahun baru Caka yang berdasarkan Kalender Bali, yang merupakan kalender modifikasi dari india dengan tambahan-tambahan beberapa elemen setempat, Dalam kalender Masehi, Hari Raya Nyepi selalu jatuh antara bulan Maret dan April dan selalu jatuh tepat pada saat bulan mati atau disebut Tilem kesanga atau bulan mati yang ke sembilan, dimana pada saat itu bulan benar benar mati dan langit sangat gelap, sehingga diyakini pada saat itu hari yang sangat baik untuk mengembalikan kondisi alam semesta ke titik nol dan alam mempunyai waktu untuk memulihkan segala kerusakan yang terjadi di alam selama adanya aktifitas manusia. Untuk tahun 2017 ini Hari Nyepi akan jatuh pada Hari Selasa 28 Maret 2017.

Umumnya pada hari Nyepi, umat Hindu di Bali akan berpuasa selama 24 jam penuh dan melakukan persembahyangan bersama keluarga masing-masing di pemerajan keluarga memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar dunia beserta isinya selalu dilindungi dan umat manusia diberikan keselamatan dan kesejahteraan.

Sehari sebelum Nyepi diadakan pengerupukan Tawur Agung kesanga dengan melakukan pecaruan agung yaitu memberikan laba berupa ssesajen dan berbagai persembahan kepada para buta kala atau roh roh yang ada disekeliling kita agar tidak mengganggu tapa berata pnyepian yang akan dilaksanakan oleh seluruh umat Hindu pada saat Nyepi.

Bagi sahabat umat Hindu yang merayakannya, saya dan keluarga dan juga “da Trooper Bali” mengucapkan

Selamat Tahun Baru Icaka 1939.

Selamat HariRaya Nyepi

Semoga Ida Sang Hyang Widi Wasa senantiasa melindungi kita dan keluarga serta menuntun kita di jalanNYA.

Astungkara,

Dewa Dwipayana

DK 999 YQ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s