(Reposted) Adventure ke Sukamade dan Merubetiri. bag. 7


Ringkasan cerita yang lalu :

Kesokan harinya pukul 06.15 WIB saya terjaga karena suara yang hiruk pikuk  diseberang tenda yang ternyata adalah suara Pak Bambang dan Pak Muslimin serta keluarga yang lagi masak sambil minum kopi.

Mbak Irma juga ternyata sudah bangun dan memasak nasi goeing untuk sarapan. Wah ternyata masakan mbak Irma enak juga. Apalagi kami memang sudah lapar sepagi ini.

Rencananya, pukul 08.00 kami akan turun ke pantai untuk melepas tukik dan menanam pohon pandan berduridipinggir pantai, jadi kamipun sarapan dengan bergegas.

Tepat pukul 08.00 kami telah berkumpul di portal jalan masuk menuju pantai, dimana sebuah Tossa dengan 8 ember plastik besar berisi anak penyu berumur 3 sampai 5 hari yang akankami lepas di pantai nanti. Ada 1.500 ekor anak penyu yang akan kami lepas.paskan, namun dari penututan Pak Jumadi sebagai petugas konservasi, harapan hidup untuk tukik-tukik itu jadi penyu dewasa sekitar 1 s/d 5 persen saja. Sangat menyedihkan memang. Karena banyak predator yang mengancam seperti ikan, burung elang dan juga ular laut.  Bayangkan kalau kita tidak ikut menyelamatkan penyu-penyu ini anak cucu kita kelak hanya akan tahu penyu dari gambarnya saja.

Setelah selesai melepas tukik dan menanam pohon pandan berduri kami berkesempatan untuk melihat-lihat eloknya pantai Meru Betiri ini. Dengan pasirnya yang putih panti ini cukup indah untuk dikunjungi. Ada pulau kecil ditengah laut menambah keelokannya.

Setelah puas menikmati indahnya pantai Meru Betiri ini, pukul 9.45 WIB kamipun kembali ke base camp untuk mandi dan berkemas-kemas untuk kembali pulang ke rumah masing-masing.

Setelah berpamitan kepada pak Jumadi dan petugas konservasi lainnya pukul 11.37 WIB kami bergerak meninggalkan Sukamade Resort untuk kembali pulang, namun sebelumnya kami akan mampir di SD No. 2 Sarongan untuk bertemu dengan anak-anak sekolah dan memabagikan sekedar bantuan bagi mereka.

Menurut penuturan dewan guru disana, sekolah SDN 2 Sarongan ini adalah sekolah yang letaknya paling terpencil, jumlah muridnya tercatat hanya 50 murid, itupun kalau masuk semua dan memang letaknya sangat primitif di tengah hutan, jauh dari jangkauan transportasi karena medan yang sangat berat untuk dilalui. Ditambah lagi, penghasilan orangtua murid yang sangat pas-pasan Kebanyak orang tua murid disini adalah buruh perkebunan, Penghasilan mereka hanya cukup untuk makan sehari hari. Sungguh menyedihkan. Hal ini mebuat kita sangat prihatin.

Di saat hujan, terkadang hanya beberapa murid saja yang datang ke sekolah karena air sungai banjir dan sangtat berbahaya untuk disebrangi.

Nurani kami sangat tersentuh dan tergerak untuk berusaha membantu, karena rasa haru yang menyelimuti kami semua melihat kondisi murid-murid di SD tersebut, para peserta dengan  spontanitas menghimpun dana untuk disumbangkan. Terkumpul sebesar Rp.900.000,- dari para peserta yang diserahkan langsung di depan para murid-murid dan para guru yang hadir.

Setelah berfoto bersama dengan para murid dan guru itu, kami berpamitan untuk meneruskan perjakanan kembali ke daerah asal kita masing-masing.

Perjalanan kembali terasa tidak seberat saat kami datang. Semua trek kami lalui dengan semangat dan terasa kami lebih cepat melewatinya.

Pukul 14.17 WIB kami tiba dipantai Pantai Rajegwesi, disini kami rencananya akan bermain-main sejenak dan refreshing di dipantai. Pak Agus Pendit dengan KIA Army langsung tancap gas menerjang ombak  diikuti oleh teman-teman yang lain.

Setelah puas bermain-main dan berfoto-foto dan salam perpisahan  untuk mempersingkat waktu para peserta segera berpamitan. Setelah perwakilan dari masing-masing chapter menyampaikan kesan dan sarannya kami pun berpisah. Perjalanan Adventure Tour ke Sukamade ini sangat berkesan bagi kami saya dan keluarga.

Demikian laporan perjalanan Adventure ke sukamade ini yang sempat saya dan teman-teman KTI Bali ikuti. Semoga dapat menambah khasanah wawasan teman-teman KTI dan para pengunjung setia website KTI Bali ini.

Sampai jumpa dalam laporan perjalanan kami yang lain…

Salam adventure.

dewa

DK999YQ

Silent-Hi-Roof-Black-Trooper

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s