(Reposted) Perjalanan KTI Bali ke TIG VII Yogyakarta. bag. 4


Ringkasan cerita yang lalu :

Hari mulai siang dan Digital clock di Trooper kami menunjukkan pukul 11.40 WITA, dan matahari bersinar sangat terik ketika rombongan kami tiba di depan Pura Gunung Bromo. Sebenarnya kami masih ingin lebih mendekat lagi kearah kaldera puncak tertinggi Gunung Bromo, namun mengingat keterbatasan waktu, kami akhirnya berhenti dikaki gunung saja dan kembali bergerak kearah pura Bromo.

Kami segera masuk kehalaman pura dan menghaturkan sesajen Pejati yang kami bawa dari Bali. Pemangku Pura menyambut kami dan mempersilahkan kami untuk mengambil tempat untuk bersila dan melakukan persembahyangan.

Setelah beliau mengucapkan mantera diringi dengan irama genta bajra. Kami melakukan persembahyangan dengan khidmat dan khusuk. Suasana sangat khidmat dan terasa damai.

Setelah selesai bersembahyang kami masih mengambil beberapa gambar lagi dan kemudian meninggalkan Bromo untuk melanjutkan perjalanan ke Yogya melalui Gunung Penanjakan disisi sebelah utara Gunung Bromo.

Dari lautan pasir kami memandangi gunung Penanjakan yang terlihat sangat tinggi, yang membut kami agak ragu apakah Trooper kami mampu menanjak dengan tanjakan terjal berliku seperti itu.

Seperti biasa saya kebagian juru kunci sekalian mengawasi teman-teman KTI Bali lainnya yang mulai merayap naik dan memonitor keadaan di depan melalui radio komunikasi.

Yang pertama kali naik adalah Pak Budi dengan 4 JB1T tanpa masalah. Bahkan tidak mengaktifkan 4WDnya. Disusul oleh Agung Wira dengan Trooper bensin Hijaunya, naik tanpa masalah,  Pak Ketut Sugiata dengan Trooper diesel 85 mesin standard, berhasil naik tanpa kesulitan.

Kemudian giliran Pak Wayan Murya naik dengan Stallion Hijaunya, namun beberapa saat kemudian di radio komunikasi terdengar suara Pak Wayan Murya panik, menyampaikan bahwa si Stallion tidak mampu naik dan kehabisan nafas ditikungan tajam dengan tanjakan terjal dengan  sudut inclinasi sekitar 60 derajat. Pak Wayan terdengar sangat panik. Saya berusaha menenangkan dan memberi tahu agar tetap tenang dan menarik rem tangan dan memasukkan perseneleng 1. Sementara Pak Agus Pendit dengan Land Cruiser VX putih akan mengevakuasi dengan menarik Stallion Pak Wayan ke atas. Saya menyiapkan sling dan menyerahkannya kepada Pak Agus, Pak Yudi juga menyerahkan tali nylon yang dibawanya untuk membantu evakuasi, dan Pak Budi juga memberikan strap untuk memperkuat sling dan tali.

Beberapa saat terdengar di radio komunikasi bahwa Pak Wayan sudah berhasil ditarik dan melaju keatas Gunung Penanjakan terus melewati tanjakan terjal sampai semuanya terlihat aman.

Setelah itu giliran saya naik. Setelah memasang handle 4WD saya naik perlahan-lahan. Tikungan demi tikungan, tanjakan demi tanjakan kami lewati dengan tenang dan akhirnya berhasil sampai di puncak Penanjakan tanpa kesulitan. Saya segera masuk dalam barisan dan line up sebelum kembali konvoi. Jam telah menunjukkan pukul 12.30 WITA. Sementara kami masih berada di Penanjakan dan perjalanan ke Yogya masih membutuhkan waktu kurang lebih 9 jam lebih. Hal ini saya sampaikan kepada semua teman-teman KTI Bali untuk segera bersiap dan bergerak menuju Yogya. Namun kami agak ragu karena Pak Wiranto sebagai Tour Leader juga agak bingung setelah membaca peta yang dibawa. Dari peta yang kami baca kami rencananya akan melewati Nongkojajar, Sawojajar. Tosari  dan tembus ke Purwodadi.

Beruntunglah ada penduduk yang menawarkan jasanya untuk menjadi penunjuk jalan kearah Nongkojajar dan Sawojajar sehingga akhirnya kami bisa ketemu jalan arah ke Purwodadi.

Setelah masuk jalan kearah Purwodadi Pak Urip yang menjadi penunjuk jalan itu berbalik arah meninggalkan kami setelah kami beri uang lelah dan uang bensin secukupnya.

Selanjutnya kami akan melaporkan perjalanan KTI Bali ke Yogyakarta.  Tetaplah mengikuti situs kami Trooper-Indonesia.info….

Dewa Juli/07

DK999YQ

Silent-Hi-Roof-Black-Trooper

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s