(Reposted) Perjalanan KTI Bali ke TIG VII Yogyakarta. bag.1


Perjalanan TIG VII Yogyakarta

Seperti yang yelah direncanakan jauh-jauh hari KTI Bali akan berangkat untuk mengikuti Trooper Indonesia Gathering VII di Yogya dengan menyertakan 8 Trooper  ke Yogyakarta. Trooper Indonesia Gathering atau TIG ke VII yang dipusatkan di Bumi perkemahan Wonogondang di kaki Gunung Merapi, Yogya.  Artikel perjalanan ini akan kami bagi menjadienam episode  yaitu Perjalanan ke Gunung Bromo, Penjelajahan di Lautan Pasir Gunung Bromo, Perjalanan menuju Yogya, Perjalanan menuju Surabaya dan terakhir adalah Perjalanan kembali dari Surabaya menuju  Denpasar.

TIG VII akan di mulai dari tanggal 9 – 12 Juli 2007, namun demikian beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Cilegon, Semarang dan Yogyakarta.berangkat lebih dahulu dari jadwal. Dari pantauan di millis KTI Jakarta berangkat tanggal 7Juli 2007 pagi hari melalui Telaga Menjer, dan Guci, sementara KTI Yogyakarta dan Semarang telah mendahului diYogya untuk mempersiapkan segala sesuatunya demi lancarnya TIG VII ini.

KTI Bali sendiri rencananya akan berangkat pada tanggal 7 Juli 2007 sehabis sembahyang di Pura masing-masing. Mengingat tanggal 7 Juli itu adalah hari raya Kuningan yang merupakan hari raya besar umat Hindu Bali.

Setelah melalui diskusi dan kesepakatan bersama, akhirnya kami KTI Bali memutuskan untuk berangkat tanggal 7 Juli 2007 pukul 13.30 dari Denpasar.

KTI Bali rencananya akan berangkat dengan 7 Trooper dan 1 Stallion dan 1 Land Cruiser Putih, yaitu Dewa Dwipayana, Agung Wiratama, Agus Mahendra Pendit, I B Budi, Yudi, Ketut Sugiatha, Masihi Wiranto, Wayan Murya, dan Wiwin Gunawasika.

Namun saat-saat terakhir keberangkatan tanggal 7 Juli 2007 ternyata Wiwin tidak bisa ikut berangkat karena malam sebelumnya tanggal 6 Jli 2007 jam 02.00 subuh masih sangat  sibuk dalam even Grand final pemilihan Putri Bali yang akan mewakili Bali ke Pemilihan Putri Indonesia yang akan datang, sehingga tidak mungkin untuk dipaksakan berangkat. Karena itu yang jadi berangkat adalah 7 Trooper dan 1 Stallion 4X2 milik Pak Wayan Murya..

Beberapa minggu sebelum keberangkatan masing-masing Trooper mengalami pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan mulai dari mesin, kaki-kaki, lampu-lampu dan yang lain-lainnya.

Sementara Trooper Pak Budi malah dicangkokin mesin 4 JB1T. Dan hebatnya hanya dipasang dalam waktu relatif singkat. Mesin datang dari Jakarta tanggal 12 Juni 2007 dan tanggal  15 Juni mesin sudah naik ke bodi Trooper, setelah diadakan penyesuaian dengan berbagai assesori seperti AC, Altenator, up grade rem, knalpot dan asesori yang lain di sana sini, tanggal  2 Juli 2007 si Coklat milik Pak Budi siap di test jalan., walau pun untuk sementara tanpa kap mesin, karena kap mesin sedang mengalami operasi untuk menambah air scoope intercooler. Project ini benar-benar kilat. Semalam sebelum berangkat ke Yogya Kap mesin baru selesai terpasang. Jadi secara keseluruhan si Coklat belum sempat di test jalan dengan kondisi jalan yang buruk, karena baru sempat di test di jalan raya saja. Namun dnengan modal nekat Pak Budi tetap membawa si Coklat berangkat ke TIG VII Yogya dengan kondisi apa adanya.

Lain si Coklat lain juga dengan si Hijau milik Agung WIratama yang juga sedang menjalani eksperiment dengan pencangkokan turbo pada Trooper Hijaunya. Mengingat Turbo selama ini diketahui hanya cocok diapplikasi pada kendaraan bensin yang teklahmenggunakan injeksi bukan karburator. Nah Trooper Hijau Agung Wiratama masih menganut system karburator untuk supply bahan bakar ke ruang bakar mesin Trooper yang berkode ZD1. Tentu dengan supply bahan bakar akan membuat applikasi turbo membutuhkan beberapa penyesuaian yang cukup memakan waktu karena masih try and error. Begitulah si Hijau masuk ke rumah tune up hampir dua bulan lamanya. Namun sampai saat-saat terakhir keberangkatan belum juga menemukan setting yang pas untuk performace optimalnya. Namun karena waktu yang mendesak dan keinginan yang kuat dari Agung Wiratama untuk membawa serta si Hijau, sang tuner dari Maju Mandiri akhirnya melepas si Hijau untuk ikut berangkat ke Yogya dengan beberapa catatan yan harus di ikuti oleh Agung Wiratama selama mengendarai si Hijau. Dan jadilah kami berangkat ke Yogya.

Rute yang kami tempuh adalah melalui jalur tengah karena kami juga akan bermalam di Gunung Bromo.

Saya berangkat terlebih dahulu dari Denpasar karena hendak sembahyang terlebih dahulu di Kampung kakek di Tabanan. Saya dan keluarga berangkat pukul 10.15 dari Denpasar dan tiba di rumah kakek pukul  10.45 WITA. Setelah bersembahyang bersama, kami menunggu rombongan KTI Bali dari Denpasar  yang akan melintas di jalanutama didepan rumah kakek.

Pukul 13.55 WITA saya memantau rombongan KTI Bali dari Denpasar melalui radio komunikasi pada frequensi 143.120 Mhz yang ternyata sudah mendekat. Saya segera pamitan dengan sanak keluarga di kampung dan menunggu teman-teman KTI Bali di pinggir jalan raya utama.

Beberapa saat Pak Ketut Sugiata, Pak Wiranto dan Pak Wayan Murya melintas didepan saya, disusul oleh, Agung Wiratama, Agus Mahendra Pendit, dan terakhir IB. Budi. Tenyata Pak Yudi tidak ada dalam rombongan. Hal ini sedikit mengganggu fikiran saya, sebaba bagaimanapun juga sebagai ketua KTI Bali saya merasa bergtanggung jawab secara moral jika ada hal-ha yang terjadi yang menimpa salah satu anggota KTI Bali yang berangkat ke Yogya ini. Saya coba kontak ke teman-teman yang lain dan mendapat info bahwa Pak Yudi dan keluarganya telah brangkat mendahului rombongan untuk mencari saya untuk mengambil antenna Larsen yang saya siapkan untuk radionya. Namun setelah saya panggil-panggil di radio, tidak juga menjawab. Kekhawatiran semakin menjadi-jadidalam diri saya, namuntidak saya ungkapkan kepada teman-teman yang lain, khawatir akan mengganggu fikiran teman-teman yang lain, sehingga saya memutuskan untuk menunggu barangkali akan menunggu di tempat lain, atau mungkin juga mendahului dan menunggu dipelabuhan Gilimanuk.

 (bersambung)

dewa

DK999YQ
Silent-Hi-roof-Black-Trooper

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s