(Reposted) Adventure ke Sukamade dan Merubetiri. bag.4

Ringkasan cerita yang lalu :

Pukul 8.45 WITA anak  dan istri saya selesai berenang dan kembali ke kamar untuk berkemas-kemas. Sementara kami Pak Agus Pendit, Pak Wiranto dan anaknya Ican, Bli Ketut Boncel masih duduk di kantin menunggu kedatangan teman-teman dari KTI Jember, KTI Surabaya, Lumajang Jeep Club dan Kebo Liar 4 X 4 Team dari Banyuwangi.

Beberapa kendaraan mulai berdatangan, FJ40 abu-abu dan FJ40 Hitam baru saja memasuki halaman hotel disusul oleh Taft GT, JImny Siera Biru, Land Rover Abu-abu bermesin diesel juga memasuki halaman hotel. Land Rover ini ternyata dibawa oleh pak Bambang Widodo seorang teman dari Kebo Liar 4 X 4 Banyuwangi yang akan menjadi leader perjalanan kali ini. Demikianlah teman-teman yang ikut acara Sukamade Adventure Tour ini mulai berdatangan. Saya catat adalah sebagai berikut :

KTI Bali menurunkan 4 mobil yang terdiri dari saya dan keluarga denga nsi Hitam,  Pak  Agus Pendit dan istri dengan KIA Army truck 4×4, Pak Wiranto dan anaknya Ican denga Trooper kuningnya, Bli Ketut Boncel dengan dengan Keluarganya dengan Stallion4 X 4 nya yang gagah berani. He he he he…  Trooper somewhere yang baru beberapa hari kembali dari TIAOR III diCikidang kemarin dulu.

KTI Surabaya diwakili oleh  Mas Zaenal dan Mas Asep, Mas Wenda dan pasangannya dengan 2 Trooper  bermesin diesel 4JB1T.

KTI Jember menurunkan 6 mobil yang terdiri dari  3 Tooper , 1 Chevy Luv 4×4 Pickup bermesin Diesel, 1 Taft Rocky, dan 1 Jimny.Siera dengan spek off road yang kelihatannya cukup advance.

LJC Lumajang dengan 5 mobil  2 FJ40  Hardtop dan 3 Jimny 4 X 4 yang dijokiin oleh Pak Budi, Pak Rio dan Mas Iwan cs.

Team Leader Banyuwangi menurunkan 8 Mobil yaitu  2 Land Rover long, 1 Taft GT,  1 Jimny Kutrik, 2 JImny SJ410, 1 FJ40 Canvas Hijau metalic, dan ada 1 J20 Gladiator pick up 4×4 warna merah maroon metallic dengan velg 23 inchi chrome yang membawa ATV dan motor trail.

Total ada 25 kendaraan yang akan turing ke Sukamade nanti. Rencana keberangkatan pukul 9.00 WIB atau 10 WITA nampaknya akan molor, karena salah satu panitia belum tiba di hotel Surya Jajag. Kami menunggu sekitar 25 menit lagi.

Akhirnya setelah menunggu sampai 20 menit, panitia memutuskan untuk segera berangkat agar tidak terlalu kemalaman di jalan nanti.

Sebelum START, Mas Bambang Widodo dari Kebo Liar 4 X 4 Banyuwangi yang dipercaya sebagai leader memberikan briefing singkat mengenai tata cara berkonvoi di jalan dan dilanjutkan dengan berdo’a bersama agar selamat sampai tujuan hingga kembali ke rumah masing-masing nanti.

Usai briefing tepat pukul 9.40 WITA kami mulai bergerak  dari Hotel Surya Jajag-Banyuwangi. Diiringi guyuran hujan gerimis mulai turun. Dengan tertib  satu persatu meninggalkan area parkir hotel saya mendapat kehormatan untuk start kedua setelah leader  diikuti oleh rekan- KTI-Bali yang lain, KTI-Surabaya, LJC Lumajang, Komunitas Adventure Banyuwangi. Kami berkonvoi dengan 25 mobil, dan tiap-tiap peserta mendapat kenang-kenangan berupa sticker PENYU ber-SIMEX

Petualangan seruakan segera di mulai..!  Dimulai dengan  perjalanan on-road selama 30 menit sepanjang 25 Km menuju Sarongan. Agar tidak jenuh, panitia berbelok memasuki  area Perkebunan Sungai Lembu. Perkebunan ini adalah milik PTPN yang ditanami pohon karet dengan luas areal sekitar  2500 Ha, dengan struktur tanah liat yang cenderung lembab dan licin.

Begitu memasuki trek pertama rute offroad Sukamade Adventure Tour ini kami sudah dihadang oleh 2 sungai sedalam kurang lebih 80 cm dan ber-arus cukup deras dengan lebar sungai sekitar 8 atau 10 meter. Untuk mobil sekelas Trooper memang sangat aman menyeberanginya, apalagi mobil KIA truk Army 4×4 milik Pak Agus Pendit dengan bekal restoran berjalan di dalamnya. He He He… Dengan mudah menyeberang diikutioleh kendaraan yang lainnya. Cukup aman. Disini semua kendaraan lolos tanpa ada masalah.

Sekitar pukul 12.30 waktu Trooper Hitam kami telah menembus jauh ke dalam hutan karet.  Dengan  konvoi kendaraan yang cukup panjang banyak membuat perjalanan kami terasa lambat. Di trek ini waktu kami banyak tersita karena di trek offroad ini terdapat  banyak sekali parit-parit yang cukup dalam dan lebar sehingga tanjakan dan tikungan disini menjadi sangat licin dan ditambah turunan yang curam membuat kami mesti berhati-hati agar tidak masuk jurang yang menunggu dikiri atau kanan trek  yang harus kita lalui.

Penduduk sekitar mengatakan bahwa semalaman habis diguyur hujan lebat, sehingga trek yang tadinya cukup soft berubah jadi ekstrem dan sanagt licin. Terlihat lumpur dan genangan air di sepanjang trek sehingga kami diharapkan mengaktifkan 4 X 4  untuk melintas di beberapa titik licin dan curam.

Di trek ini ada 2 mobil ditarik di trek tanjakan terjal yang menikung tajam, setelah kami ketahui ternyata si Taft Biru itu tidak memiliki sistem penggerak di keempat rodanya. Two Wheel only…!!!! Tentu kami tidak mau ambil resiko karena di sisi kanan tebing dan disisi kiri adalah jurang yang dalam menunggu kami jika terjadi kesalahan. Berkat kerjasama team, akhirnya semua kendaraan berhasil lewat dengan selamat. Semua Trooper berhasil lolos dengan mulus tanpa ada masalah. Top markotop deh driver-nya.  He he he he….

Team recovery dadakan tanpa dikomando segera dengan sigap mengambil strap dan mencari wiching point. Recovery di trek ini adalah awal perjalanan menuju Sukamade.  Salut untuk kerja sama semua teman-teman persertaSukamade Adventure Tour yang di prakarsai oleh Komunitas Trooper Indonesia Jember. Nafas adventure-nya sangat terasa.

Namun sayang ada 1 mobil balik kanan alias pulang karena 4WD-nya  bermasalah sehingga tidak berani melintas karena medan yang cukup berat. hiks. Namun rasa lelah setelah menarik seling dan strap dapat terobati oleh  semangat dan kekompakan teman-teman sehingga trek yang cukup bejat itu dapat dilalui dengan aman dan selamat.

Setelah melewati rute melelahkan beberapa parit lebar dan 4 buah sungai dan jalanan licin di hutankaret itu akhirnya kami tiba di Pasar Sarongan – Rajeg Wesi Digital clock di console box si Hitam telah menunjukkan pukul 16.24 WITA. Akhirnya rombongan diajak beristirahat sejenak, melepas lelah, acara ngopi dan santai-santai.

Daribeberpa penduduk yang sering ke Merubetiri, kami mendapat berita bahwa  3 Sungai di Sukamade sedang banjir dengan air setinggi dagu orang dewasa, sedangkan untuk menuju lokasi Sukamade kita harus menyeberangi sungai tersebut. Kaerna itu kami mendiskusikan dengan team leader dan jika banjir masih tingi, kami semua akan mendirikan tenda camping ditepi sungai, dan baru akan menyeberang setelah air surut, namun demikian kami tetap berdoa agar banjir itu tidak terjadi.

Tiba di Teluk Ijo Pantai Rajegwesi

Tepat 17.00 WITA kami melanjutkan perjalanan. Dari pasar Sarongan kami akan berkendara kurang lebih 3 jam lagi menyusuri jalan pedesaan yang  melalui jalur tepi pantai Rajegwesi dan Teluk Ijo.

Pemandangan di Telok Ijo PantaiRajeg Wesi ini sangat elok dengan latar belakang laut dan pantai yang membatasi daratan Rajeg Wesi dengan laut selatan pulau Jawa bagian Timur dan dikelilingi oleh gunung dan hutan lindung Merubetiri.  Pemandangan yang benar-benar masih asli, udara yang segar dan cuaca yang sangat cerah membuat kami tetap bersemangat untuk terus berjalan mengejar waktu yang sudah semakin sore dan di depan kami masih akan melalui jalur ektrem yang mendaki dengan trek makadam yang berliku dengan jurang dalam disisi kiri kanan trek.  Perjalanan kami masih harus melalui jalan terjal berbatu yang cukup panjang menuju Merubetiri, Sukamade ini.

Jalan yang kami lalui teramat rusak. Tampaknya memang jarang dilalu kendaraan roda empat. Hal itu bisa terlihat dari tingginya rumput yang tumbuh di badan jalan, terutama ditengah-tengah alur jalan. Jalanan hanya dikeraskan dengan bebatuan besar dan ditempatkan tidak beraturan sehingga cukup sulit untuk dilalui kendaraan biasa.