Tips : Mengganti bola lampu utama di kendaraan kita…


Hai my dearest friends of Troopermania, dimanapun anda berada.

Apa kabar…?  Saya yakin semuanya dalam keadaan sehat-sehat saja , begitupun da Trooper sobat.  Sehat juga ‘kan…?.

Kami senantiasa terbuka dan akan sangat berterimakasih jika sekiranya ada teman-teman yang sudi menuliskan kritik membangun demi meningkatkan isi maupun tampilan website KTI Bali ini.  Kritik membangunnya kami tunggu.

Okay my friends, this time I want to share to all of you a simply tips, “How to replace the bulb of your da Trooper”  After reads this simple tips, I believe that you will be able to replace the bulb on your da Trooper by your self easily.

Baca  dan simaklah artikel berikut selengkapnya.

Mungkin selama ini sobat tidak pernah mengganti sendiri bola lampu pada da Trooper sobat, karena tidak tahu cara menggantinya atau sebab yang lain.  Membawa ke bengkel langganan memang cara yang paling mudah, namun bagaimana jika lampu da Trooper kita mati ditengah hutan atau di jalan di tempat terpencil yang ngga ada bengkelnya..? Nah lo..  Susah jadinya ‘kan..? Coba kalau kita bisa menggantinya sendiri, tentu masalah ini akan terselesaikan.

Sebelum hal itu menimpa kita, saya akan berbagi dengan sobat Troopermania bagaimana cara mengganti bola lampu utama pada da Trooper ataupun kendaraan yang lain.

Umumnya hampir semua kendaraan Jepang menggunakan bola lampu H4 untuk lampu utama pada kendaraannya. Begitu juga da Trooper. Bola lampu jenis H4 adalah bola lampu yang mempunyai dua filament, satu untuk lampu normal, dan satunya lagi untuk “Dim” atau lampu jarak jauh. Pada ujung terminal atau bagian bawah bola lampu mempunyai dua titik penghubung ke soket / dudukan kutub  penyambung ke arus.

Biasakanlah membawa bola lampu cadangan di dalam toolkits box atau di laci kabin yang terlindung dan aman. Sehingga sewaktu-waktu kita membutuhkannya dalam keadaan darurat kita tidak kebingungan mencari bola lampu.

Mengganti bola lampu.

Sebelumnya sediakan kunci pas atau kunci ring ukuran 10 dan 13 serta jangan lupa tang penjepit untuk membuka klem accu dan kabel-kabel yang ada pada kutub accu.

Bukalah kap mesin, kemudian pasang penopang kap mesin agar kompartment mesin tetap terbuka.  Jika lampu yang sebelah kiri mati, angkatlah terlebih dahulu reservoir / tangki cadangan air radiator agar mudah menjangkau batok lampu. Lepaskan socket pada kaki bola lampu, buka karet pengaman socket kaki lampu, kemudian lepaskan pin penjepit bola lampu yang berupa kawat seperti per.  Setelah pin penjepit yang berupa kawat seperti per dilepas dari kancingannya, peganglah dengan erat bagian belakang kaki bola lampu dan tariklah dari dudukannya dengan hati-hati,  jangan sampai terlepas dari tangan kita dan jangan sampai masuk kedalam batok lampu, karena akan susah untuk mengambilnya.  Jika sampai masuk ke dalam batok lampu, batok lampu mesti dibuka dari dudukannya, jadi ribet deh.

Untuk mengganti lampu sebelah kanan, accu mesti diturunkan dari tempatnya, karena batok lampu terhalang oleh accu. Jadi bukalah kabel-kabel accu. Untuk memudahkan, tandai dan ikatlah kabel-kabel accu sesuai dengan masing-masing kutubnya. Kabel positive diikat jadi satu, demikian juga kabel negative/massa diikat jadi satu dan ditandai.

Selanjutnya tahap pengerjaannya sama.

Ambil bola lampu yang baru dan masukkan ke tempatnya dengan hati-hati. Hindarkan jangan sampai menyentuh ujung bola lampu yang baru, karena sentuhan tangan pada ujung bola lampu halogen dapat merusak atau bahkan bola lampu akan mati sebelum sempat dipakai.

Pasang kembali kawat kancingan  bola lampu, pasang karet pengaman kaki  lampu,  pasang socket kaki lampu,  terakhir pasang kembali reservoir / tangki cadangan air radiator atau accu pada tempatnya. Coba hidupkan lampu dengan menarik saklar lampu. Jika lampu masih tidak mau menyala, coba periksa sekring-sekring lampu didalam box sekring apakah sekring-nya ada yang putus. Box sekring terletak disisi sebelah kiri  di kompartmen mesin dengan diagram ditutup-nya. Untuk yang telah memakai kabel set relay, sekring lampu utama ada dua, satu yang ada di kabel set. Biasanya terletak didekat accu atau di dekat batok lampu. Periksalah semua sekeringya sebelum membuka bola lampu.

Sebelum menutup kap mesin, pastikan dan periksa sekeliling kap mesin, barangkali saja ada obeng atau peralatan kerja lainnya yang tertinggal.  Kemudian tutuplah kap mesin.  Nah pengantian bola lampu depan telah selesai.  Bagaimana…?  Ternyata gampang ‘kan menganti lampu utama da Trooper kita.…?

Semoga tips sederhana ini bermanfa’at bagi semua sobat and sohib da Troopermania….. Okay….?

See you arround…..

Dewa

DK999YQ
Silent-Hi-Roof-Black-Trooper.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s