Sejarah Brand Chevrolet di dunia….


Hi para Troopermania dimanapun saat ini berada……

Saya kembali lagi mengunjungi sobat Troopermania. Semoga semua sobat sehat wal’afiat dan tidak kekurangan suatu apapun sehingga bisa beraktifitas seperti biasanya.

Saya yakin semua sobat Troopermania sudah tidak asing dengan, merk kendaraan Chevrolet yang sudah sangat tersohor itu. Masih segar dalam ingatan saya saat masih kecil, umur saya kala itu kira-kira 9 tahun masih duduk di kelas 2 SD.

Saya diajak berwisata oleh ayah saya keliling kota Denpasar, (waktu itu sih kota Denpasar belum seramai dan belum sebagus sekarang). Kotanya masih kecil dan belum banyak kendaraan pribadi yang melintas dijalan raya kota Denpasar, yang banyak saat itu adalah Bemo roda tiga merk Daihatsu dan dokar atau delman. Saat itu ayah saya mempunyai  sedan panjang. Yang saya masih ingat merknya adalah Chevrolet Impala Belair dengan logo Kijang yang seolah terbang disisi kiri dan kanan pada bonet samping.  Wah saat itu naik mobil sedan adalah merupakan hal yang luar biasa, karena tidak banyak sedan yang beredar kala itu. Dan tidak banyak jenis dan merk kendaraan saat itu.  Untuk sedan merk yang ada saat itu adalah Chevrolet Impala, Chevrolet Belair, Holden dan ada satu lagi yang masih saya ingat adalah ZipirSix yang kata ayah saya adalah buatan Rusia.

Nah tahu ‘kan. Chevrolet ternyata adalah merek yang sudah sangat tua, mungkin lebih tua dari merek Audi, Mercedes Benz, Ford, BMW, Volvo, Daihatsu, Toyota, Nissan, Mazda, Mitsubishi, Isuzu,Honda danlain lainnya.

Mengingat Trooper kita adalah merk Chevrolet, walau mesinnya adalah Isuzu, maka tidak ada salahnya jika kita mengertahui sedikit sejarah dari brand atau merk Chevrolet ini. Saya ingin berbagi dengan semua sobat mengenai sejarah dari merk Chevrolet ini. Ikuti dan bacalah artikel ini selengkapnya.

Chevrolet (baca :Sev ro lei = bahasa Perancis) atau sering disebut Chevy adalah merek mobil yang di produksi oleh General Motors (GM).  Chevrolet atau Chevy adalah merk teratas dari yang dijual oleh General Motors dan merk kendaraan yang produksi General Motors yang paling terkenal di seluruh dunia. Chevrolet seolah-olah identik dengan General Motors, padahal masih banyak lagi brand kendaraan merk lain yang diproduksi General Motors.

Chevrolet adalah merk yang paling terkenal dan terbesar dari berbagai merk kendaraan  yang diproduksi oleh General Motors, saat ini menawarkan lebih dari 20 kendaraan dan berbagai versi yang berbeda sesuai dengan Negara tempat pemasarannya.

Produksi GM mulai dari kendaraan subcompact sampai kendaraan truk komersial menengah adalah kendaraan yang terlaris di Amerika Serikat termasuk Silverado pick up yang merupakan kendaraan terlaris kedua setelah Chevrolet F150, sedangkan   sedan Impala meraup angka penjualan tertinggi di pasar domestic di Amerika Serikat.

Sejarah brand Chevrolet di Amerika Serikat.

Chevrolet didirikan oleh Louis Chevrolet dan William C Durrant. pada tahun 1910. Pada tahun 1910 itu Louis Chevrolet adalah seorang pembalap, yang lahir di Las Chaux de Fonds, Switzerland, sementara William Durant adalah pendiri General Motors, yang terpaksa keluar dari GM pada tahun 1910 dan ingin memakai rancangan dari Louis Chevrolet untuk membangun kembali reputasinya dan menggunakan kekuatan daya tarik Louis Chevrolet untuk membangun kembali industri otomotivenya.

Sebagai pimpinan Buick Motor Company sebelum mendirikan GM, Durant telah menyewa Chevrolet untuk mengendarai Buicks untuk promosi balapnya.

Kemudian pada tanggal 3 November 1911, Chevrolet memasuki pasar mobile dan bersaing dengan Ford model T.A. Beberapa tahun kemudian,Classic Six diperkenalkan kepada masyarakat otomotive.  Classic Six adalah mobil 5 penumpang jenis sedan turing yang dipersenjatai dengan mesin 4.6 Liter, enam silinder segaris yang mampu berlari sampai maksimum 104 Km perjam. Pada saat itu termasukkendaraan super cepat…!!!

Chevrolet pertama kali mengunakan logo “bowtie” pada tahun 1913. Logo ini katanya didisain oleh Durant saat dia melihat “wallpaper” pada salah satu hotel di Paris. Tetapi ada teori lain yang mengatakan bahwa logo itu di re-disain dari tanda silang pada bendera Negara Swiss, karena Louis Chevrolet dari Switzerland. Namun apapun beritanya, logo Chevrolet telah begitu mendunia dan identik dengan General Motor.

Pada tahun 1915 Durant mengadakan perjalanan ke Ontario, Canada untuk menjajagi kemungkinan untuk memproduksi Chevrolet di Canada. Setelah mengadakan pertemuan dengan “Kolonel Sam” McLaughlin, pemilik perakitan mobil McLaughlin  Motor Car Company yang memproduksi McLaughlin-Buick dan menyetujui untuk bekerja sama mendirikan  Chevrolet Motor Company, Canada yang di operasikan oleh McLaughlin yang akan memproduksi mobil-mobil Chevrolet di Canada. Tiga tahun kemudian dua perusahan otomotive Canada di beli oleh General Motors yang diberi nama General Motors Canada Ltd.

Pada tahun 1916 Chevrolet telah meraup keuntungan yang lebih dari cukup bagi Durant untuk membeli mayoritas saham share di General Motors. Setelah persetujuan disepakati pada tahun 1917, Durant menjadi President General Motors dan Chevrolet kemudian merger dengan General Motors, menjadi divisi yang berdiri sendiri. Pada tahun 1918 Chevrolet memperkenalkan Roadster  model V-8 dengan 4 penumpang dan model turing dengan 5 penumpang. Kendaraan itu menggendong mesin dengan 288 ci (cubic inchi) yang berdaya 35 tenaga kuda dengan karburator Zenith dengan transmisi 3 percepatan.  

Pada tahun 1955 Chevrolet kembali memperkenalkan model dengan mesin V-8 pintar yang sangat terkenal yang pernah dibuat. Mesin ini berkapasitas 265 ci (cubic inchi) yang ditawarkan dalam tiga versi. Dengan basis 265 ci yang menggunakan karburator 2 barrel yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 165 tenaga kuda. Tenaganya dapat meningkat dengan mengaplikasi karburator empat barrel menjadi 185 tenaga kuda, dan versi dengan tenaga kuda yang lebih besar yaitu 195 tenaga kuda yang disebut dengan “power pack” yang mempunyai bukaan camshaft yang lebih tinggi, head dengan kompresi tinggi, dan dilengkapi dengan dual exhaust. Mesin jenis ini menjadi terkenal dikalangan penggemar hot rodder dan menjadi mesin pilihan untuk mengganti mesin dengan flat head pada mesin-mesin Ford yang beraliran hot rod.

Pada tahun 1955  “the big three automaker “ menawarkan mesin V-8 small block yang merupakan  mesin V-8 dengan ukuran terkecil  dengan kapasitas 265 ci seperti yang dipasang pada mobil Plymouth, Buick Nailhead non Hemi dan juga dipasang pada Dodge Hemi 241, yang membuat ukuran mobil tetap kecil dengan tenaga yang lebih besar. Seperti yang terpasang pada Oldsmobil dengan 324 ci. “Mesin Roket” pada Oldsmobile.

Chevy memasang mesin dengan power pack dan dilengkapi dengan transmisi 3 percepatan manual mampu berlari dari 0 sampai 80 km dalam waktu 8, 4 detik yang sangat menakjubkan pada saat itu.

Mengingat mesin itu diproduksi dalam waktu 15 minggu sejak ijin produksi diberikan oleh manajemen, para tehnisinya tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan test dynometer dan juga untuk mengetahui berapa tenaga kuda yang dihasilkan oleh mesin ini sebelum di jual secara massal. Mesin yang belum di test di prediksi mempunyai tenaga sekitar 185 tenaga kuda, dan ketika di pasarkan pada tahun 1956 yang telah dilengkapi pula dengan karburator dua barrel dengan sistim pernafasan yang lebih baik ternyata mampu menyemburkan 225 tenaga kuda…!!!

Mesin Power pack 1956 juga memakai karburator 4 barrel dan mampu menghasilkan 220 tenaga kuda. Pada tahun 1957 kapasitas block mesin ditingkatkan menjadi 283 ci. Mesin ini juga mempunyai kepala silinder dan katup yang lebih besar dan dilengkapi dengan dua buah karburator empat barrel dan mampu menghasilkan 245 tenaga kuda…!!!  Versi High performance-nya  dibuat dengan “high lift solid cam” dan dipasang pada mesin dengan silinder head dan katup yang lebih besar.sehingga mampu menyemburkan tenaga sebesar 270 tenaga kuda. Injeksi bahan bakar juga sudah mulai ditawarkan saat itu. Ini adalah pertama kalinya Amerika Serikat membuat mesin yang mampu menelorkan 1 tenaga kuda per inchi kubiknya.

Model-model Chevrolet yang terkenal saat itu adalah, Impala (1958) Convair (1960 – 1969). Chevrolet mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan pasar otomotive di Amerika pada rentang waktu 1950 sampai 1960, satu dari 10 kendaraan yang dijual di Amerika pastilah Chevrolet.

Saat ini banyak sekali varian dari brand Chevrolet yang wara wiri di jalan-jalan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Chevrolet yang paling terkenal di negara kita adalah Impala. Saat ini Chevrolet mulai bangkit lagi untuk bersaing dengan pabrikan Jepang, Jerman, Inggris, Swedia dan  Perancis serta negara-negara pabrikan otomotive lainnya.

Tengok saja di jalan banyak kendaraan Chevrolet yang berlalu lalang, dari yang imut-imut seperti Chevrolet Spark, sub compact macam Chevrolet Aveo, sedan compact Kalos, Optra dengan mesin 1800 cc model estate macam Chevrolet Estate, Midsize SUV seperti Chevrolet Tavera yang berbodi Isuzu Panther kapsul, Full size SUV seperti Blazer, D-cab seperti Silverado dan yang baru saja diluncurkan adalah SUV menengah Chevrolet Captiva dan banyak lagi jenis kendaraan Chevrolet lainnya. Sayangnya New Trooper belum ada rencana untuk di produksi lagi…

Bagaimana…?  Mau menambah koleksi Chevrolet anda……?

Silahkan kontak dealer-delaer terdekat Chevrolet di kota anda….

See you around …..

Salam  Trooper dari Bali.

Dewa

DK999YQ
Silent-Hi-Roof-Black-Trooper

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s