Tips : Merawat Dashboard kendaraan


Hello all of my beloved Troopermania and our loyal visitors of  “da Trooper Bali” website, where ever you are….

I am back again to meet you to say hello.

And this time I would like to share to all of you a simply tip how to maintain the dashboard of our vehicle, especially your da Trooper dashboard.

Tahu ‘kan dashboard..? I believe sobat semua pasti tahu dashboard itu apa. Wah kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia jadi apa ya..? Dari kamus Inggris – Indonesia yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,  Dashbopard diterjemahkan sebagai “Papan pedoman instrument”. Nah lo. Kok bisa….  He he he…  Setuju ngga kalau dashboard kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “Papan pedoman panel instrument?”

Anyway, jangan pusing deh, khususnya bagi sobat yang ngga ngeh dengan nama dari bagian-bagian kendaraan, tapi ngerti bawa mobil. Yang penting sobat itu tahu dan mengerti dashboard itu yang mana. It would be fine.

Saya coba beri difinisi yang memudahkan sobat untuk mengetahui apa itu dashboard. Ini versi saya lo. He he he he…

Dashboard itu adalah bagian dari kendaraan yang terletak dikabin depan dimana perangkat control instrumen, seperti Odometer, Speedometer, Tripmeter, RPM meter, Fuel meter, Ampere meter, Altimeter, Voltmeter, jam digital, radio cassette, Geretan rokok atau lighter, Radio Cassete ata DVD player ataupun in dash Televisi mobile dan berbagai assesoris kecil laiinya ditempatkan. Dashboard menutupi bagian depan kabin penumpang dibawah kaca depan, didepan roda kemudi atau steer dan biasanya dilengkapi juga dengan laci untuk menyimpan pernak-pernik didalamnya.

Nah sudah kebayang kan dashboard itu yang mana…. Fine, You are a quick learner my friends…

Alright, kita kembali ke laptop, eh ke topik kita yaitu bagaimana  merawat dashboard. Selengkapnya ayo simak lebih lanjut.

Bentuk, model dan kelengkapan dashboard ada bermacam-macam, sesuai dengan jenis dan fungsi kendaraan tersebut. Begitupun bahan dashboard ada berbagai macam. Dari plastic, Polyurethane, vinyl dengan busa berkualitas tinggi didalamnya, dan ada juga yang terbuat dari plat besi ataupun aluminum yang biasanya dipakai oleh jeep lawas macam, Land Rover Serie I sampai III, Toyota FJ 40, dan Suzuki Jimny versi awal juga manggunakan plat besi untuk dashboardnya.

Nah, tip kali ini adalah bagaimana merawat dashboard yang terbuat dari plastik, Pulytrethane dan vinyl.

Yuuk kita mulai.

Sebelum membersihkan dashboard,sebaiknya mobil dicuci terlbih dahulu agar kita lebih mudah dalam membersihkan dashboardnya. (simak Tips : Mencuci Mobil sebelumnya).

Sebelum mulai membersihkan dashboard, kosongkan permukaan dashboard dan angkat semua benda-benda yang ada diatas dashboard, seperti boneka, kotak perfume, tempat tissue, dan pernak-pernik lainnya dan masukkan kedalam satu wadah tertutup yang bersih kemudian simpanlah ditempat lain dengan rapi.

Kemudian siapkan air sabun, (pakailah shampoo khusus untuk mobil, atau kalau terpaksa dapat menggunakan shampoo biasa, yang tidak mengandung detergen aktif, semisal Shampo Sunsilk, atau Shampo murah seperti merk Rita dan lain sebagainya). Siapkan kuwas kecil, atau kuwas untuk melukis yang sedang besarnya. Busa pencuci mobil, lap chamois dan  lap katun bersih yang lembut dan kering.

Campurkan dan aduklah shampo dan air secukupnya kedalam wadah sedang dan kocok dengan tangan agar busanya merata. Kemudian ambil lap chamois atau busa dan celupkan kedalam air busa tadi. Jagalah jangan terlalu banyak air di lap chamois atau  busa tadi agar tidak meleleh dan malah membasahi atau mengotori jok atau karpet mobil sobat.

Gosoklah permukaan dashboard dengan lembut dan merata, jangan menekan terlalu keras permukaan dashboard yang mungkin akan membuat dashboard retak atau malah pecah.

Jika kotoran terlalu tebal, tambahkan shampoo diatas lap chamois atau busa ke mudian gosokkan langsung ke permukaan dashboard yang kotorannya tebal itu. Ulangi beberapa kali sampai kotorannya hilang dan permukaan dashboard menjadi bersih.

Khusus untuk di dalam panel instrument seperti Odometer, Speedometer, Ampere meter, RPM meter dan panel-panel lainnya, peraslah lap chamois sobat sampai tidak ada lagi air yang menetes dari lap, kemudian sekalah panel-panel itu dengan lembut dan merata, demikian juga kaca panel, usap dengan lembut dan jangan ditekan terlalau keras, sebab akan dapat membuat retak ataupun pecahnya permukaan panel instrument itu. 

Setelah semua permukaan dashboard diseka dengan air sabun, kemudian cuci dan bilaslah lap chamois tadi sampai benar-benar bersih dari busa shampoo tadi,  Kemudian dengan lap chamois yang telah bersih dan agak lembab tadi  sekalah sekali lagi permukaan dashboard hingga merata dan bersih hingga kering. Ulangi sekali lagi sampai bekas air sabun benar-benar bersih dari permukaan dashboard.

Setelah semua permukaan dashboard kering, selanjutnya kita akan melapisi permukaan dashboard dengan chemical pelindung plastic, Polyturethane dan vinyl.

Banyak merek obat pelindung ini dijual di toko assesories mobil. Mulai yang harganya ekonomis, sampai yang cukup mahal seperti KIT interior, Sonax, Son Of Gun, 3M, Autoglim, Wurth dan lain sebagainya tergantung budget sobat.

Nah setelah permukaan dashboard bersih dan benar-benar kering, kita dapat mulai melapisi permukaan dashboard dengan chemical pelindung tadi.

Semprotkan cairan pelindung ke permukan dashboard. Boleh disemprot sekaligus atau bagian demi bagian. Setelah semua permukaan dashboard disemprot cairan pelindung dengan merata, gosoklah permukaan dashboard dengan lap kering dan bersih dengan gerakan memutar dan cukup tekanan, hingga rata. Celah-celah yang sulit dijangkau tangan, dapat disapukan  dengan kuwas bersih hingga rata.

Untuk permukaan panel instrument, gosok dengan lembut dan jangan ditekan terlalu keras, agar tidak retak atau pecah.

Untuk bagian dengan bercak kotoran yang membandel langkah diatas, dapat diulang beberapa kali hingga kotoran hilang dan permukaan menjadi bersih mengkilap.

Setelah dilapisi dengan cairan pelindung tadi, perawatan selanjutnya cukup di lap dengan lap katun kering dan bersih. Obat pelindung yang berkwalitas bagus mampu menjaga kebersihan dan melindungi dashboard dari teriknya matahari hingga beberapa bulan, tergantung pemakaian dan tempat kendaran diparkir setiap harinya. Jika setiap hari diparkir di tempat terbuka dan terkena panas matahari terik, sebaiknya dashboard lebih sering dilapisi dengan cairan pelindung ini.

Dengan merawat dashboard secara rutin, percayalah kendaraan sobat akan selalu tampil prima dan sehat dan kitapun menjadi betah didalam kabin dan bangga mengendarainya kemanapun kita pergi. Dan yang lebih penting lagi, dashboard akan tahan lama, dan tentu menarik lebih lama untuk dilihat.

Nah pekerjaan kita merawat dashboard selesai sudah.

Ternyata tidak susah ‘kan untuk merawat dashboard…?

Okay my friends… That’s all at the moment.

Semoga tip ringan ini dapat membantu dan menggugah sobat merawat kendaraan sobat semua….

Salam “da Trooper”

Dewa 

DK999YQ

Silent-Hi-Roof-Black-Trooper

© dewa for “da Trooper Bali”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s